Senin, 28 Juli 2008

Tugas ke 3

  1. Hubungan stress (psikologis) dengan sakit pada organ lambung (maag).

Stres adalah sebuah respon alami dari tubuh dan jiwa kita ketika mengalami tekanan dari lingkungan. Dampak dari stres pun beraneka ragam, dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik namun juga ada dampak positifnya (eustress). Berikut adalah dampak-dampak stres yang sebaiknya Anda tahu.

Menimbulkan gangguan lambung seperti sakit maagmaag.
Sakit maagmaag muncul karena produksi asam lambung berlebih. Nah, saat Anda stres, tubuh akan memroduksi asam lambung dalam jumlah di atas normal dan juga mengikis lapisan lambung atau mukosa, yang pada akhirnya menimbulkan rasa perih, yang kita kenal sebagai sakit maag.

Untuk itu, jauhi gaya hidup yang dapat memicu timbulnya stres. Bangunlah lebih pagi agar tidak terburu-buru ke kantor atau terkena macet, berolahragalah secara teratur, jauhi rokok dan alkohol serta selalu berpikir secara positif !


2. Fungsi Hemisparium Cerebri Kanan

Otak kanan adalah otak emosional (EQ) memberikan kemampuan berpikir acak, holistik, intuitiv dan kreatif. Fungsi otak kanan ini yang menjadikan kita mampu membaca cepat dan menghafal cepat. Dengan menggunakan fungsi otak kanan yang kreatif akan menjadikan persoalan yang semula sulit menjadi lebih sederhana.Dengan otak kanan kita akan menyukai seni, warna, fun, music, film dan kreatifitas.

Nah, istilah nggak pakai mikir ini, sebenarnya istilah lain dari menggunakan "terlalu banyak" fungsi otak kanan kita. Yang mana itu berfungsi untuk emosi kita, imajinasi, kreativitas, ritme, rasa, dll sejenisnya.

Kalau kebanyakan pakai otak kanannya, memang membuat orang jadi lebih berani bertindak, nggak perlu terlalu hitung-hitungan deh.. Kebalikannya jika pakai otak kiri terlalu banyak, maka orang jadi penuh keraguan, dan takut-takut melulu untuk "take action" bisnis, karena dia ngitung terus untung ruginya, sehingga nggak jalan-jalan.

Oleh sebab itu, memang sebaiknya saya segera menyeimbangkan pemakaian kedua belahan otak saya ini. Otak kiri dan otak kanan saya sekarang harus saya pakai secara seimbang. Sehingga kalau mau membuka atau mengembangkan bisnis-bisnis saya, tetap berani dan juga harus dihitung dengan cermat.

Menghitung dengan cermat ini sesungguhnya merupakan salah satu bagian dari "rasa takut" itu. Nah, kalau saya nggak punya "rasa takut", maka jadinya yaa nggak ngitung dengan cermat. Pokoknya berani...

Kecenderungan berpikir dengan otak kanan ataupun kiri merupakan hasil dari suatu proses yang sangat panjang dan yang tak boleh kita lupakan adalah kecenderungan ini adalah suatu berkah ciptaan Allah, Sang Maha Pencipta.

Dikarenakan kedua kecenderungan berpikir ini, baik dengan otak kanan maupun dengan otak kiri merupakan ciptaan Allah, maka ada baiknya kita masing2 membuka diri untuk menyelami dan menghayati keperbedaan ini, dengan sikap yang positif.

Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:

Otak kanan -- KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal

Pendapat lain diungkapkan dalam teori belahan otak (Theory of Hemispheric) yang menyatakan bahwa kreativitas dipengaruhi oleh dominasi penggunaan belahan otak kanan. Teori ini berangkat dari hasil kajian tentang fungsi-fungsi bagian otak (hemisper), baik belahan otak bagian kiri maupun belahan otak bagian kanan, dalam memproses informasi-informasi yang diterima oleh otak tersebut (McCallum and Glynn, 1973).

Belahan otak kiri berfungsi untuk memproses informasi-informasi yang berkaitan dengan verbal dan menghendaki proses berpikir secara analisis, abstrak, logis, dan operasi (kegiatan atau prosedur) yang mengandung urutan, serta mengatur kegiatan tubuh di bagian kanan. Belahan otak kanan berfungsi untuk memproses informasi-informasi yang bersifat nonverbal dan menghendaki penggunan proses berpikir secara holistik, intuitif, dan imajinatif, serta mengontrol kegiatan tubuh bagian kiri. Hasil kerja otak bagian kanan di antaranya adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal yang baru, misalnya musik dengan warna baru atau karya lukis dengan aliran baru.

Pada hakikatnya, kedua belahan otak ini saling bekerja sama dalam memproses informasi-informasi yang diterima oleh otak karena kedua belahan otak ini berhubungan melalui syaraf-syaraf yang terdapat dalam corpas callosum. Akan tetapi, yang membedakan fungsi otak sebelah kiri dan kanan adalah cara-cara yang digunakan dalam mengolah dan menyelesaikan tugas–tugas yang harus dilakukan oleh kedua fungsi otak tersebut.

Bertitik-tolak dari fungsi khusus belahan otak tersebut, maka seseorang yang kreatif, lebih dominan menggunakan belahan otak bagian kanan dibandingkan dengan belahan otak bagian kiri. Sebaliknya, individu yang berpikir secara logis dan rasional menggunakan fungsi otak bagian kiri lebih dominan dibandingkan dengan belahan otak bagian kanan.

Pembelajaran Kreatif Imajinatif mengembangkan potensi otak kanan dan otak kiri secara seimbang. Hal ini tertuang pada model yang tersaji. Potensi otak kiri dikembangkan dengan pengoptimalan kecerdasan intelektual, ranah kognisi, dan ranah psikomotor. Potensi otak kanan dikembangkan dengan pengoptimalan kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan ranah afeksi. Kesemua aspek tersebut diseimbangkan dengan pembekalan nilai-nilai Al Islam, yaitu akidah, ibadah, dan muamalah.

Kurikulum yang diterapkan pada pengembangan kedua potensi tersebut disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak hingga mencapai usia 15 tahun. Pada usia 0—3 tahun, anak dibina untuk mendapatkan pengenalan. Pada usia 3—6 tahun, potensi anak lebih dikembangkan dan mulai diajak menapaki area sosialisasi. Kemampuan penalaran dan keterampilan anak dioptimalkan pada usia 6—12 tahun. Menginjak dewasa, pada usia 12—15 tahun, anak dibina untuk melakukan pematangan dan diarahkan untuk dapat menjadi seorang pemimpin. Kreativitas sebagai ciri seorang manusia unggul tidak luput dari perhatian Pembelajaran Kreatif Imajinatif. Potensi anak untuk berakhlak mulia, cerdas, dan kreatif imajinatif makin dimantapkan dengan kreativitas yang ber-Imajinasi Ilahiah.

__________________________________________________


Tidak ada komentar: